• sales@natasolusi.co.id
  •  | 
  • +6221-5794-2727

BERITA

Ikhsan, OC Dispenda Kendari saat mengajukan pertanyaan ke NSP, Jakarta, Kamis (26/05/2016)

Dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan daerah maka Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota terus melakukan pembenahan dan pengembangan sistem pengelolaan pajak daerah secara bertahap dan berkesinambungan. Berbagai cara untuk meningkatkan pengelolaan pajak daerah dan pelayanan kepada wajib pajak telah dilakukan, diantaranya dengan menerapkan sistem informasi pengelolaan pajak daerah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam upaya terus meningkatkan pemahaman dan keahlian teknis para pengelola Sistem Informasi Pengelolaan Pajak Daerah, NSP menyelenggarakan program pelatihan/workshop teknis yang dikhususkan kepada para pengelola sistem, baik administrator sistem maupun operator sistem (Operator Console – OC).

NSP sebagai salah satu Pengembang Sistem Informasi Pengelolaan Pajak Daerah turut berpartisipasi memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pengelolaan pajak daerah dan pelayanan kepada wajib pajak melalui penerapan produk aplikasi sistem informasi pengelolaan pajak daerah.

Sejak pertengahan tahun 2012 sampai dengan saat ini, sudah lebih dari 30 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang menggunakan produk aplikasi yang dikembangkan oleh NSP.

Acara workshop yang berlangsung selama tiga hari dan berlangsung di hotel Ibis Tamarin Jakarta ini dibuka oleh Direktur NSP, Hidayat Agustianto. NSP juga berkesempatan memperkenalkan seluruh tim teknis yang selama ini berkomunikasi dan menangani keluhan atau permintaan dari berbagai daerah via call center atau group whatsapp service desk NSP.

Dalam kegiatan workshop diulas beberapa pokok bahasan seperti penanganan masalah teknis aplikasi terkait dengan kebutuhan atau perubahan kebijakan yang berpengaruh pada pengaturan aplikasi; penanganan masalah integrasi data (data integration) untuk meyesuaikan kebutuhan operasional, yang dapat berpengaruh pada pengaturan aplikasi; penanganan masalah teknis infrastruktur perangkat dan sistem operasi dalam kaitannya dengan model integrasi sistem yang terus berkembang, yang dapat berpengaruh pada konfigurasi sistem; serta penanganan masalah dukungan teknis operasional, baik pada aspek pemakaian aplikasi maupun pengoperasian perangkat dan sistem secara keseluruhan yang berkaitan dengan ketersediaan dan kemampuan teknis SDM pengelola sistem.

Salah satu sasaran workshop ini, agar semua dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan guna mendapatkan manfaat untuk meningkatkan keahlian guna meningkatkan pelayanan pajak kepada masyarakat di masing-masing daerah.

NSP berencana akan melakukan kegiatan serupa secara berkala sesuai dengan harapan peserta workshop sehingga terbangun wadah silaturahmi dan berbagi untuk semakin meningkatan skill dan wawasan yang dibutuhkan dinas terkait khususnya OC dalam menerapkan teknologi informasi untuk mengoptimalkan pengelolaan pajak daerah.